candi ijo

Jika berkunjung ke Yogyakarta, wisata sejarah khususnya mengunjungi candi bisa menjadi salah satu pilihan yang tidak boleh di lewatkan.

Masih banyak candi yang belum terekspos meski memiliki daya tarik yang unik dan menarik. Seperti candi Ijo, dimana candi ini merupakan candi yang paling tinggi diantara candi di Yogyakarta. Nama candi tersebut diambil dari lokasi candi tersebut dibangun. Dimana candi ini adalah sebuah candi yang terletak di Bukit Ijo sehingga dinamakan candi Ijo. Lokasi Candi Ijo sendiri berada pada ketinggian 357,402 m – 395,481 m dpl. Lokasi ini merupakan lokasi candi tertinggi dibandingkan candi-candi lainnya di wilayah Yogyakarta. Maka tak heran jika di kalangan penikmat wisata purbakala, Candi Ijo juga dikenal dengan sebutan “Candi Tertinggi” di Yogyakarta.

Bangunan candi kebanyakan menyimpan sebuah misteri, seperti halnya dengan candi ijo. Candi berlatar belakang agama hindu ini terdiri dari 11 teras yang semakin meninggi kebelakang. Bagian paling belakang berfungsi sebagai pusat candi. Dalam candi utama kamu akan melihat patung lingga-yoni. Lingga berbentuk selinder berada di atas penampang yang disebut Yoni. Ukuran cukup besar, Lingga-Yoni di candi Ijo merupakan salah satu Lingga-Yoni yang terbesar di Indonesia. Lingga-Yoni merepresentasikan Dewa Siwa dan Dewi Parwati yang merujuk pada sifat laki-laki dan perempuan, sehingga bermakna kesuburan dan awal mula kehidupan. Rahasia misteri candi ini berada pada prasastinya. Prasasti yang dimaksudkan tersebut berada di bagian teras ke sembilan, dimana dalam prasasti tersebut bertuliskan Bhuyutan atau Guywann yang artinya tempat pertapaan. Bahkan pada prasasti yang lain dari batu berukuran 14 cm dengan tebal 9 cm tersebut juga tertulis beberapa mantra yang isinya kutukan sebanyak 16 kali, “om sarww – awinasa, sarwwawinasa”. Namun hingga kini masih belum terkuak peristiwa apa yang berhubungan dengan prasasti tersebut.

Sangat di sayangkan candi Ini masih sangat jarang di kunjungi. Padahal candi Ijo ini tidak kalah menarik dari objek-objek wisata yang lain, Objek wisata candi Ijo ini merupakan perpaduan antara objek wisata purbakala dan pemandangan alam. Untuk alamatnya sendiri, Candi ijo berjarak sekitar 4 kilometer dari Ratu boko. Berada pada dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Wisatawan yang berkunjung ke Candi Ijo cukup mengisi daftar hadir tamu di pos satpam sebelum masuk candi dan membayar parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 3.000 untuk mobil.

karena lokasi yang berada di bukit yang sangat tinggi maka secara otomatis keistimewaan lainnya adalah sebuah penampakan atau pemandangan sunset yang mempunyai pesona luar biasa. Kita bisa melihat proses terbenamnya matahari dari kota jogja dan langit merah yang sangat romantis. sangat sayang untuk di lewatkan.

Rute Perjalanan Ke Candi Ijo

dari arah kota jogja langsung saja menuju jalan jogja solo, nanti di pertigaan candi prambanan/terminal ambil kanan arah jalan prambanan piyungan, nanti setelah candi ratu buko ambil arah kiri dan kita tinggal mengikuti petunjuknya aja. sayangnya jalan menuju lokasi belum memenuhi standar sehingga banyak para wisatawan yang lebih memilih jasa rental mobil jogja paling murah maupun paket wisata jogja paling murah.

 

candi menarik lain klik >>> candi abang, mengejar sunset di bukit teletabies

Share
About the author

Leave a Reply