Makam Ratu Malang Gunung Kelir

Makam ratu mas malang ini terletak di pleret, imogiri, bantul. dibuat pada tahun 1665 oleh amangkurat pertama. makan ratu mas malang ini dibuat dari tumpukan batu batu putih atau batu kapur. dan batu nisannya terbuat dari batu andesit.

oleh amangkurat I atau raja kasultanan mataram yang memerintah pada tahun 1646-1677, makam ini diberi nama antaka pura yang berarti istana kematian.

dalam komplek makam ini terdapat 28 makam, dan dari 28 itu dibagi menjadi 3 bagian. 19 batu nisan di depan dan 1 ditengah ( makam ki panjang mas ) dan dibelakang ada 8 salah satunya adalah ratu mas malang ini.

mungkin masih bingung siapa ki panjang mas dan ratu mas malang? atau bekum tau sejarahnya? hehe. saya akan menceritakan sedikit.

dahulu amangkurat I memerintahkan untuk mencarikannya selir yang cantik. kemudian oleh seseorang dikatakan bahwa ki dalang wayang gedog yang bernama wayah mempunyai anak perempuan yang sangat cantik. hanya saja perempuan tersebut sudah mempunyai suami yang bernama ki dalem.

amangkurat I tidak mau tahu. dan memerintahkan untuk mengambil istei dari ki dalem ini yang ternyata tengah mengandung anaknya ki dalem selama 2 bulan. karena amangkurat 1 sangat mencintainya maka amangkurat 1 melupakan permaisurinya. bahkan malah mengangkat selirnya ini menjadi  Ratu Wetan atau ada yang menyebutnya ratu malang.

beberapa bulan kemudian ratu malang melahirkan seorang bayi hasil dari perkawinannya dengan ki dalem. lantas amangkurat memerintahkannya untuk membunuh ki dalem. setelah mengetahui ki dalem meninggal maka ratu malang selalu menangis dan bersedih.

beberapa saat kemudian ratu malang meninggal akibat penyakit muntaber, tetapi ada yang bilang karena diracuni oleh orang yang tidak suka dengannya. bahkan amangkurat sendiri mempercayai bahwa selirnya tersebut meninggal akibat di guna guna oleh warga sekitar kadipaten.

Atas permintaan amangkurat 1 akhirnya jenazah dari ratu malang dibawa ke gunung kelir, tetapi amangkurat 1 tidak mau kalau selirnya tersebut di makamkan. siang dan malam amangkurat 1 menemaninya dan menjaganya. bahkan amangkurat 1 sudah di suruh untuk kembali ke kerajaan tetapi tidak mau, sampai suatu saat amangkurat 1 bermimpi kalau  ratu malang sudah bersatu dengan ki panjang mas dan akhirnya amngkurat 1 meninggalkannya dan merelakannya ratu malanguntuk di kebumikan.

sebenarnya masih banyak cerita versi lain, untuk lebih lengkapnya bisa saja datang kesini. silahkan menggunakan jasa sewa mobil jogja ataupun paket wisata jogja. kami akan dengan senang hati untuk mengantarkannya untuk berwisata religi maupun berziarah ke tempat tempat keramat. silahkan bandingkan rental mobil jogja kami dengan yang lain. kami garansi untuk segi kenyamanan dan harganya

Share
About the author

Leave a Reply