HON-Curug-Setawing

Grojogan Setawing Jonggrangan ini juga sering disebut oleh warga dengan nama grojogan Ngisor Tawing. Ngisor berarti bawah dan tawing adalah tebing, mungkin karena grojogan ini berada di bawah tawing atau tebing yang kemudian dinamai Curug Setawing. Air terjun ini terletak kurang lebih 500 meter dari Pasar Jonggrangan. Akses jalan untuk menuju air terjun ini berupa jalan setapak dari cor semen. Lokasi air terjun ini dari tempat parkir kurang lebih berjarak 100 m. sebenarnya kendaraan roda dua atau motor bisa dibawa sampai ke bawah air terjun, Hanya saja demi keamanan dan kenyamanan bersama lebih baik dititipkan aja di area parkir yang sudah disediakan.

Asal mula Air Terjun Setawing

Disepanjang jalan menuju lokasi wisatawan dapat menikmati hijaunya pepohonan  dan sawah yang berada disekitarnya. Air terjun atau curug ini berasal dari banyak sumber mata air yang berada di atasnya. Bentuk dari air terjun atau curug ini menyerupai anak tangga berundak.  dan mempunyai 3 undakan sehingga efek air yang turun tidak langsung jatuh kebawah. Tetapi dari undakan pertama turun menabrak undakan yang kedua dan kemudian turun ke bawah. Sehingga efek percikan air menyebar dan hembusan anginnya sangat terasa. Tetapi pada musim kemarau debit airnya menurun.

Debit air yang banyak dan melimpah akan terjadi  ketika musim penghujan tiba. Sehingga air terjun atau curug ini bisa dibilang air terjun musiman. Pada saat musim kemarau airnya hanya kecil karena sumber mata air yang berada diatasnya sudah habis dan digunakan untuk kebutuhan masyarakat sehari-hari. Untuk kedepannya mungkin bisa melakukan rekayasa air dari atas agar debit air bisa tersedia terus dan selalu melimpah. Air terjun atau curug setawing ini resmi dibuka untuk wisata umum mulai dari akhir tahun 2014.

Untuk menuju lokasi wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun sewa mobil murah jogja. Banyak wisatawan yang menggunakan jasa rental mobil jogja lepas kunci karena dirasa lebih bebas dan lebih santai. Tetapi juga ada yang lebih memilih paket wisata jogja yang praktis dan efisien.

Share
About the author

Leave a Reply