jembatan-api-api

Hutan Mangrove Pantai Congot

Kulon progo saat ini sedang gencar gencarnya mempromosikan tempat wisata. Bahkan banyak tempat wisata baru yang sukses menarik perhatian para wisatawan. Ada kalibiru, waduk sermo, bukit pethu, taman bunga krisan. Curug sigembor dan masih banyak lagi. Tetapi kini ada tempat wisata baru di jogja yang terletak di kulon progo. Dan dijamin tidak kalah menarik dengan tempat wisata lain. Namanya adalah hutan mangrove yang letaknya ada di pantai congot.

Hutan Mangrove Congot ini terletak di desa Jangkaran, Kulon Progo, tepatnya ada diperbatasan Jogja dengan Purworejo. Pintu masuk tempat wisata ini sekitar 300m dari jembatan congot jalan daendels.

Hutan mangrove ini awalnya dikelola oleh “cut” yaitu salah satu mahasiswa UGM yang sedang meneruskan jenjang s2 nya. Awalnya Cut ini menanam mangrove sebagai penelitian pendidikan s2 nya. dan hingga kini mangrove nya berkembang dan dapat mencegah terjadinya abrasi.

Ada 4 lokasi yang sering dikunjungi masyarakat dan di jadikan sebagai obyek untuk berfoto. Yaitu ada jembatan api-api, pantai pasir kadilangu, wanatirta pasir mendit dan maju lestari. Dari ke empat tempat ini yang saat ini paling banyak di minati adalah jembatan api api dan kedua adalah pantai pasir kadilangu. Jembatan api api ini sangat ngehits sebagai hastag di sosial media.

Rute Perjalanan Menuju Pantai Congot

Dari jogja ambil arah jalan wates lurus ke arah purworejo. sesamoainya di kota wates atau proliman patung nyiageng serang masih lurus terus ke arah purworejo. Nanti kurang lebih sekitar 10km akan ada pertigaan yang membentuk huruf Y ambil aja yang ke kiri hingga ketemu jembatan congot. Dari situ lurus aja sekitar 100m dan masuk ke kiri. tinggal aja ikuti petunjuk arahnya aja.

Kalau masih bingung sebaiknya menggunakan jasa rental mobil jogja murah. Di jogja banyak yang menyediakan paket wisata jogja maupun rental mobil lepas kunci di jogja.

Share
About the author

Leave a Reply